Jumat, 20 November 2015

"SAMPURASUN"

      Selamat datang di blog sederhana ini teman-teman. Kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai salah satu bahasa daerah di Indonesia, yakni bahasa Sunda. 
      Bahasa Sunda digunakan di hampir seluruh daerah di Jawa Barat dan Banten. Melihat penggunaan bahasa sunda yang semakin berkurang dan tergeser oleh bahasa praktis yang disebut bahasa gaul oleh kaum muda. Saya sebagai warga Sunda yang miskin ilmu ini ingin turut berbagi memperkenalkan bahasa Sunda ini.
      Setiap daerah penggunaan bahasa Sunda semakin beragam baik logat maupun arti dan maksud dari kata yang digunakan.Misalkan saja penggunaan bahasa Sunda oleh warga daerah Garut akan sangat berbeda logatnya dengan penggunaan bahasa Sunda oleh warga Tasikmalaya dan daerah Banten.
      Ada beberapa tahapan bahasa yang digunakan dalam keseharian,yaitu bahasa kasar,biasa atau sedang dan bahasa sopan. Namun tidak itu saja penggunaan bahasa Sunda juga dibedakan penggunaannya untuk pribadi, untuk sesama dan untuk orang yang lebih dituakan atau dihormati. 
      Dalam bahasa Sunda juga ada beberapa kata serapan dari bahasa lain misalkan serapan dari bahasa Indonesia,bahasa Arab dan bahasa Asing lainnya.=========
==============================================================

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar